Search

Hati-Hati, Ini Akibatnya Jika Salah Pasang Busi

Liputan6.com, Jakarta - Banyak faktor yang menjadi penyebab busi cepat rusak, akibatnya kinerjanya tidak optimal. Salah satu faktor yang paling dominan akibat busi tidak dirawat dengan baik, terutama saat melakukan pemasangan dan pengencangan.

Misalnya, jika terlalu kendur, maka dapat menyebabkan bocornya kompresi yang diakibatkan adanya celah yang timbul di antara busi dan cylinder head. Selain itu busi yang kendur juga dapat meningkatkan risiko overheat karena perpindahan panas yang tidak sempurna yang diterima oleh busi.

“Kerusakan lainnya yang dapat timbul oleh pemasangan busi yang kendur adalah akibat getaran mesin saat menyala dapat menyebabkan busi rusak atau terlepas dari cylinder head,” jelas Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Menurut Diko, kerusakan busi juga dapat terjadi apabila busi dipasang terlalu kencang. Metal shell akan mengalami stress akibat tekanan torsi yang berlebih sehingga busi akan mengalami patah pada bagian ulirnya.

“Jika terjadi hal seperti ini maka sebagian patahan busi akan tertinggal di dalam cylinder head dan tentunya akan menimbulkan pekerjaan baru yang lebih rumit,” katanya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3608210/hati-hati-ini-akibatnya-jika-salah-pasang-busi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-Hati, Ini Akibatnya Jika Salah Pasang Busi"

Post a Comment


Powered by Blogger.