Search

RI Belum Punya Role Model Pengembangan KEK

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, saat ini pemerintah berencana membangun dua kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata atau KEK Pariwisata di Cikidang dan Pangandaran, Jawa barat. Anggaran yang diperkirakan digelontorkan sebesar Rp 8 triliun.

"Kami mengusulkan dua kawasan ekonomi khusus pariwisata. Satu di Sukabumi (Cikidang). Satu di Pangandaran. Kalau untuk yang Cikidang itu kira-kira Rp 3 triliun. Kalau Pangandaran lebih besar, total Rp 5 triliun. Jadi Rp 8 triliun," kata dia saat ditemui, di Kemenko Maritim, Selasa (21/8/2018).

Dia mengharapkan, ada dua KEK pariwisata ini akan bisa menggunakan pengembangan pariwisata di Jawa Barat bagian Selatan.

"Kalau untuk Pangandaran pasti untuk wisata bahari. Kalau untuk yang sukabumi itu adalah agrowisata," kata Arief.

Menurut Arief, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan maupun Kementerian PUPR, terkait akses menuju kedua KEK tersebut.

"Tadi sudah dibahas dengan PUPR, Kemenhub termasuk kemungkinan pengembangan bandara di sukabumi. Jadi jangan khawatir, kalau aksesnya tidak ada pasti Kemenpar tidak akan mengusulkan untuk dibangun KEK di sana," ujar dia.

Rencana pembangunan KEK pariwisata ini, kata Arief masih harus diajukan dan kepada Kemenko Perekonomian. Jika proses pengajuan berjalan mulus, maka pengembangan sudah dapat dijalankan di awal 2019.

"Tahun ini kami harapkan kedua KEK itu sudah disetujui oleh Kemenko Perekonomian. Begitu oke, tahun 2019 kami bisa memulai untuk pengembangan di KEK," tutur dia.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3630147/ri-belum-punya-role-model-pengembangan-kek

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RI Belum Punya Role Model Pengembangan KEK"

Post a Comment


Powered by Blogger.