Search

Orang-Orang Dekat Donald Trump Terseret Penyelidikan Korupsi 1MDB Malaysia

Liputan6.com, Washington DC - Sejumlah orang yang dekat dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terseret dalam investigasi otoritas AS yang ikut menyelidiki kasus mega korupsi 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB.

Kementerian Hukum dan Kehakiman AS (DoJ), yang telah melakukan penyelidikan terpisah --namun berkaitan dengan investigasi yang digelar oleh Malaysia-- sejak dua tahun lalu, berhasil menemukan petunjuk teranyar baru-baru ini, menurut laporan surat kabar The Wall Street Journal yang dipublikasikan pekan ini.

Pihak DoJ sedang menyelidiki mantan Gubernur Negara Bagian New Jersey Chris Christie; mantan pengacara Donald Trump, Marc Kasowitz; dan figur politisi Partai Republik AS lainnya atas dugaan menerima uang haram dari Low Taek Jho alias Jho Low, tersangka utama dalam kasus mega korupsi 1MDB, The Journal melaporkan, seperti dikutip dari The Business Insider, Kamis (30/8/2018).

Christie dan Kasowitz dikabarkan menerima tawaran dari Jho Low untuk bertindak sebagai kuasa hukumnya di AS, demi 'memuluskan' langkahnya untuk mengalirkan uang haram yang ia sedot dari 1MDB ke sejumlah aset di Amerika Serikat. Tujuannya adalah untuk melakukan pencucian uang hasil korupsi 1MDB dengan membeli sejumlah properti, barang mewah, superyacht dan mendanai rumah produksi film di Hollywood.

Lebih rinci, The Journal menyebut bahwa Christie telah bertindak mewakili Jho Low dalam kasus akuisisi aset di California. Sementara Kasowitz membantu urusan yang berkaitan dengan Kementerian Hukum dan Kehakiman AS.

Jho Low juga menyewa jasa pengacara Bobby Burchfield, yang saat ini menjabat sebagai penasihat etika untuk pemerintahan Presiden Donald Trump. Buron 1MDB itu juga menyewa jasa konsultasi Ed Rogers, politisi dan pelobi politik anggota Partai Republik yang berbasis di Washington DC.

Elliott Broidy, seorang penggalang dana untuk Partai Republik dan dekat dengan pemerintahan Trump, juga memberikan jasa konsultasi kepada Jho Low, menurut laporan The Journal.

Kementerian Hukum dan Kehakiman AS sedang menyelidiki apakah Broidy juga berusaha untuk menjual pengaruhnya dalam administrasi Trump kepada pemerintah Malaysia dan China.

Jho Low dan Broidy dipertemukan atas perantara Pras Michel --pendiri grup hip-hop Fugees-- dan seorang pengusaha Thailand, Phengphian Laogumnerd. Michel dan Laogumnerd juga diduga menjadi perantara atas Jho Low untuk membantu sejumlah pembayaran finansial.

Kapal pesiar mewah Equanimity di perairan laut Teluk Benoa, Bali, Rabu (28/2). Kapal itu diburu pihak berwenang AS terkait penyelidikan korupsi miliaran dolar proyek dana investasi pemerintah Malaysia yang dikenal sebagai 1MDB. (AP/Ambros Boli Berani)

Dalam prosesnya, nama-nama di atas disebut menerima sejumlah porsi dari fulus yang Jho Low sedot dari 1MDB, sebagai imbalan atas jasa mereka. Metode pembayaran dilakukan dengan tranfer antar firma keuangan internasional di berbagai negara.

Akan tetapi, The Journal, yang mengutip sumber anonim yang paham dengan penyelidikan tersebut mengabarkan bahwa untuk saat ini, tidak ada bukti pasti bahwa setiap orang yang menerima pembayaran terkait menyadari bahwa fulus berasal dari dana yang dikuras Jho Low dari 1MDB.

Untuk saat ini, penyelidikan yang dilakukan AS menemukan bahwa Jho Low diduga menggelapkan uang sebesar US$ 4,5 miliar (setara Rp 66,1 triliun) dari 1MDB. Berkas dakwaan telah diajukan oleh pihak DoJ ke pengadilan perdata di California --tempat sejumlah aset Jho Low yang dibeli menggunakan uang haram 1MDB berada.

Kementerian Hukum dan Kehakiman AS juga tengah menyusun berkas dakwaan terpisah untuk menyeret Jho Low ke pengadilan pidana AS.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Simak video pilihan berikut:

Mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak, pada Rabu 8 Agustus 2018, didakwa dengan tiga perkara pencucian uang oleh otoritas Malaysia, sebagai bagian dari penyelidikan terhadap kasus skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3632281/orang-orang-dekat-donald-trump-terseret-penyelidikan-korupsi-1mdb-malaysia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Orang-Orang Dekat Donald Trump Terseret Penyelidikan Korupsi 1MDB Malaysia"

Post a Comment


Powered by Blogger.