Search

Indonesia-Timor Leste Percepat Pembangunan Jembatan Motaain

Liputan6.com, Singapura - Indonesia dan Timor Leste telah sepakat untuk mempercepat pembangunan Jembatan Motaain, yang berfungsi sebagai penghubung dan akses perlintasan kedua negara.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Timor Leste Aurelio Sergio Guterres pada sela Pertemuan ASEAN dan Mitra Wicara ASEAN setingkat Menteri Luar Negeri di Singapura, Rabu 1 Agustus 2018.

"Kami sepakat akan mempercepat proses pembangunan Jembatan Motaain ... Indonesia sudah siap. Sedangkan Timor Leste masih membahasnya di Parlemen mereka. Tapi satu-dua bulan lagi, proses administrasi sudah selesai di Parlemen Timor Leste," ujar Retno dalam pernyataan yang dirilis oleh Kemlu RI, Kamis (2/8/2018).

"Kalau itu sudah semua, maka dua-tiga bulan lagi, proses pembangunannya bisa dimulai --yang diharapkan mampu membantu aktivitas ekonomi dan sosial-kebudayaan bagi masyarakat kedua negara," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Timor Leste terkait pembangunan jembatan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

"Beberapa waktu lalu sempat dilakukan pertemuan antara kedua negara di Atambua untuk membahas soal pembangunan jembatan di PLBN Motaain tersebut," kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Kupang Hadrianus Bambang Nurhadi Widihaetono di Kupang, Senin 22 Januari 2018, dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian PUPR, ingin memperbaiki sejumlah jembatan di perbatasan yang dinilai sudah harus dilakukan pemugaran.

Kerja sama tersebut dilakukan karena memang perbaikan jembatan yang menghubungan antara Indonesia-Timor Leste sudah harus dilakukan pemugaran.

"Walaupun uang kita, tetapi kalau kita memperbaiki kan masuk ke wilayah mereka (Timor Leste). Oleh karena itu, Kementerian Luar Negeri juga sudah membicarakan hal ini dengan Timor Leste," ujarnya.

Simak video pilihan berikut:

Adakan pertemuan bilateral, Presiden Jokowi sambut kedatangan Presiden Timor Leste Francisco Gutteres Lu Olo di Istana Bogor.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3607665/indonesia-timor-leste-percepat-pembangunan-jembatan-motaain

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia-Timor Leste Percepat Pembangunan Jembatan Motaain"

Post a Comment


Powered by Blogger.