Search

Siwabessy, Pelopor Puskesmas di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Nama Gerrit Agustinus Siwabessy mungkin masih asing di sebagian telinga masyarakat Indonesia. Namun, jasa-jasa Siwabessy bagi dunia kesehatan Indonesia begitu besar.

Saat Siwabessy menjabat sebagai Menteri Kesehatan dari 1966-1978 banyak program-program kesehatan yang penting bagi rakyat Indonesia. Mulai dari Keluarga Berencana, kehadiran yayasan kanker, puskesmas, hingga asuransi kesehatan yang merupakan cikal bakal asuransi kesehatan nasional BPJS Kesehatan.

Puluhan tahun sebelum mencapai hal itu, Siwabessy harus melewati kehidupan yang tidak mudah. Ia lahir dari pasangan petani cengkeh di DesaNagari Ullath, Saparua, Maluku pada 19 Agustus 1914. Setahun setelah lahir, ayahnya, Ennoch Siwabessy meninggal dunia.

Ibu Siwabessy, Naatje Manuhutu, kemudian menikah lagi dengan seorang guru Yakkob Leuwol. Beruntung sekali, Siwabessy mendapatkan ayah tiri yang berprofesi sebagai guru. Ia jadi bisa bersekolah.Siwabessy mendapatkan pendidikan di MULO.

Tak menyia-nyiakan kesempatan bersekolah, Siwabessy kecil lulus di 1931 dengan nilai amat baik. Awalnya, ia ingin melanjutkan pendidikan di bidang fisika. Namun, saat itu hanya tersedia beasiswa kedokteran. Ia berangkat sendiri dari Maluku ke Surabaya untuk bisa bersekolah pendidikan kedokteran di NIAS, Surabaya.

Pada 1941, Siwabessy lulus ujian calon dokter. Saat kuliah ia ingin mengembangkan pengetahuan medis di bidang fisika. Namun, ia juga memiliki minat tinggi di bidang psikiatri.

Pertemuannya dengan teman lama di NIAS, dokter spesialis paru di Bagian Radiologi RS Simpang, Sutjahyo jadi awal mula ia aktif di dunia radiologi.

Sekitar dua tahun setelah lulus sebagai dokter. Siwabessy menjadi Kepala Bagian Radiologi RS Simpang hingga akhir November 1945.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3620118/siwabessy-pelopor-puskesmas-di-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siwabessy, Pelopor Puskesmas di Indonesia"

Post a Comment


Powered by Blogger.