Search

Sering Umbar Cerita Kehidupan Seksual, Normalkah?

Liputan6.com, Jakarta  

Ada beberapa orang yang sering mengumbar kehidupan seksual secara blak-blakan. Entah lewat cerita atau media sosial.

Orang tersebut kerap disebut bragging alias sekadar pamer tapi pada kenyataannya tidak memiliki kehidupan seksual yang baik. Benar seperti itu?

Psikolog dan sexpert Elizabeth Santosa mengatakan tidak semua orang yang membicarakan kehidupan seksnya dianggap sebagai bragging (pembual, sombong). Bisa saja memang dia memiliki kehidupan seks yang baik dan bercerita kepada orang lain dengan tujuan menginspirasi.

"Jadi ada dua perspektif ketika seseorang menceritakan soal kehidupan seks. Ada yang memang dianggap netral, ada yang memang dianggap bragging. Itu tergantung dari perspektif orang lain yang mendengarkan cerita itu," ujar psikolog yang akrab disapa Lizzy beberapa saat lalu.

Dalam ilmu sosial-psikologi, bragging kehidupan seks tidak termasuk dalam gangguan kejiwaan. Tidak termasuk juga dalam perilaku narsis karena hanya bragging dalam satu aspek hidup.

Bragging masuk dalam karakter seseorang yang ekstrover. Orang tersebut pada dasarnya memang suka bicara apa adanya.

"Namun, bragging merupakan suatu perilaku yang memang kurang disukai oleh lingkungan sosial karena dianggap sombong, tidak punya empati, merasa lebih baik. Apalagi di Indonesia kita lebih ke toleransi, sopan-satun, dan memikirkan orang lain," kata perempuan cantik ini.

"Jadi menceritakan kesuksesan atau yang hebat-hebat, tidak diterima, apalagi bragging soal sex life (kehidupan seksual)."

Saksikan juga video menarik berikut:

Masturbasi ternyata juga bisa menjadi tidak sehat bagi tubuh. Nah, inilah beberapa tanda bahwa masturbasi yang anda lakukan tidak sehat.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3570362/sering-umbar-cerita-kehidupan-seksual-normalkah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sering Umbar Cerita Kehidupan Seksual, Normalkah?"

Post a Comment


Powered by Blogger.