Search

Tes Psikologi Permohonan SIM Baru akan Transparan

Tes psikologi menjadi cara baru ditempuh Kepolisian agar masyarakat mendapatkan SIM. Meski begitu, menurut Fahri cara ini bukan untuk mempersulit masyarakat mendapatkan SIM.

Fahri sendiri memberikan contoh kasus di Singapura, warga yang ingin membuat SIM justru terlebih dahulu pergi ke sekolah mengemudi. Padahal itu tidak ada kewajiban pemohon SIM melalui pelatihan pengemudi atau untuk mendapatkan sertifikat mengemudi.

“Masyarakat di sana lebih banyak pilih ke sekolah mengemudi yang lebih ribet, karena harus latihan teori berjam-jam, lalu praktik, baru bisa datang ke kantror polisi. Memang lebih ribet,” kata Fahri.

Artinya, pola pikir masyarakat Singapura tak hanya berpatok sekadar mendapatkan SIM, tetapi mementingkan aspek keselamatan.

“Mereka jadi lebih trampil, lebih pede, tapi tujuannya untuk aspek keselamatan. Makanya saya harapkan ini (adanya tes psikologi) untuk keselamatan. Bayangkan saja kalau ada orang punya ganggun psikis punya SIM terus tiba-tiba psikisnya terganggu saat berkendara, dan membahayakan diri sendiri dan orang lain, “ tutupnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3568980/tes-psikologi-permohonan-sim-baru-akan-transparan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tes Psikologi Permohonan SIM Baru akan Transparan"

Post a Comment


Powered by Blogger.