Search

Jurus Industri Minuman Beralkohol RI Bersaing di Pasar Global

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui jika produk minuman beralkohol Indonesia harus bersaing ketat di pasar ekspor. Pesaing terdekat Indonesia dari regional ASEAN, yakni Vietnam dan Thailand.

"Wah banyak sekali (pesaing Indonesia). Kalau dari ASEAN, Vietnam dan Thailand," ungkap Plt Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Ahmad Sigit Dwi Wahyono, di Tangerang, Banten, Senin (13/8/2018).

Pemerintah, kata dia, terus menggalakkan berbagai kebijakan untuk mendukung perkembangan industri minuman. Beberapa diantaranya pemberian tax holiday, tax allowance, serta pembebasan bea masuk kepada industri yang mengimpor peralatan produksi.

Pembebasan bea masuk ini sudah dimanfaatkan oleh industri dan suda berdampak positif ke naiknya kinerja industri.

"PT Multi Bintang Indonesia merupakan salah satu yang sudah manfaatkan insentif pemerintah yaitu pada bulan Juli dapat pembebasan bea masuk untuk mesin produksi di Tangerang," jelas dia.

Karena itu, dia memandang positif ekspor perdana Bir Bintang ke AS. Sebab dapat menjadi upaya meningkatkan penetrasi pasar serta memperbesar brand asal Indonesia.

Presiden Direktur PT Multi Bintang Indonesia Tbk Michael Chin, mengatakan pihaknya siap bersaing dengan produsen negeri dari negara tetangga.

"Kita bangga dengan kualitas produk kita. Karena diminati tidak hanya oleh orang Indonesia, tapi juga di negara lain," jelas dia.

Karena itu, menurut dia, yang saat ini tengah dilakukan pihaknya adalah membuka pasar-pasar baru. 

"Dengan ekspor kita tidak melakukan perubahan terhadap cita rasa kita. Kita juga tidak lakukan penyesuaian apa-apa. Produk kita sebenarnya cukup baik untuk bersaing dengan brand lain," dia menandaskan.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3617698/jurus-industri-minuman-beralkohol-ri-bersaing-di-pasar-global

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jurus Industri Minuman Beralkohol RI Bersaing di Pasar Global"

Post a Comment


Powered by Blogger.