Search

Menlu AS: Tak Ada Tenggat Waktu untuk Denuklirisasi Korea Utara, Tetapi...

Liputan6.com, Washington DC - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan bahwa pihaknya tidak akan memberi tenggat waktu pelaksanaan denuklirisasi oleh Korea Utara.

Namun sebaliknya, AS akan "terus menilai kembali" komitmen Kim Jong-un terhadap denuklirisasi, sebagaimana kesepakatan yang ditandatangani bersama dengan Donald Trump dalam pertemuan bersejarah di Singapura, awal Juni lalu.

"Saya tidak akan memberi batasan waktu, apakah itu dua bulan, enam bulan, kami berkomitmen untuk bergerak maju dalam waktu cepat, untuk melihat apakah kami dapat mencapai apa yang kedua pemimpin mulai lakukan," kata Pompeo dalam sebuah wawancara, sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (26/6/2018).

"Kami berharap akan memiliki proses berkelanjutan untuk membuat kemajuan (pada denuklirisasi)," sambungnya.

Komentar Pompeo berbeda dengan ungkapan seorang pejabat pertahanan senior AS, di mana ketika menjelang perjalanan Menteri Pertahanan James Mattis ke Asia, mengatakan Negeri Paman Sam akan menetapkan batas waktu "permintaan khusus" terhadap kesepakatan yang diamini oleh Korea Utara.

"Kami akan segera tahu apakah mereka akan melaksanakan (komitmen) dengan itikad baik atau tidak," ujar pejabat terkait yang tidak ingin disebut namanya.

"Akan ada pertanyaan dan jadwal waktu khusus untuk menilai seberapa efektif implementasi dari hasil pertemuan di Singapura," lanjutnya menjelaskan.

Tidak ada rincian lebih lanjut tentang batas waktu tersebut, tetapi pejabat terkait mengindikasikan segera menilai komitmen Korea Utara terhadap hasil pertemuan dengan AS pada 12 Juni lalu.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

Simak video pilihan berikut:

Namun banyak pengamat menilai pertemuan ini juga akan membawa perubahan besar bagi Korea Utara.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3570055/menlu-as-tak-ada-tenggat-waktu-untuk-denuklirisasi-korea-utara-tetapi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menlu AS: Tak Ada Tenggat Waktu untuk Denuklirisasi Korea Utara, Tetapi..."

Post a Comment


Powered by Blogger.