Search

Dana Desa Belum Efektif Genjot Sektor Pertanian di Pedesaan

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom sekaligus Guru Besar Universitas Gadjah Mada UGM Gunawan Sumodiningrat menilai selama ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) belum memihak sepenuhnya kepada masyarakat di sektor pertanian.

Meskipun pemerintah terus meningkatkan alokasi anggaran untuk dana desa. Menurut dia, alokasi anggaran dalam APBN pemerintah lebih mengutamakan sektor industri ketimbang pertanian. Padahal yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan adalah sektor pertanian.

‎"Ini tidak jelas, karena terlalu mendorong ke industri, tanpa memperhatikan rakyat," ujar dia di Kantor HKTI, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Dia menuturkan, dana desa yang digelontorkan pemerintah saat ini juga kurang menyentuh masyarakat pertanian. Dana desa yang dialokasi justru lebih banyak dikuasai oleh para kepala desa untuk kepentingannya.

"Bantuan desa itu tidak efektif, karena konsepnya tidak jelas. Nomor satu, sadarkan di situ, bantuan desa adalah stimulan, bukan alat kampanye. Bantuan desa sudah dibuat 30 tahun lalu, ya gitu-gitu saja. Karena ganti pemerintahan ganti konsep. Pembangunan desa yang tidak membangun rakyatnya. Yang dibangun desanya, akhirnya yang dapat kepala desa, padahal bukan haknya. Akibatnya kepala desa masuk sekolah (penjara)," kata dia.

Oleh sebab itu, pemerintah diminta untuk lebih fokus mengembangkan sektor pertanian. Sebab untuk bisa menjadi bangsa yang kuat, Indonesia harus punya kemandirian di sektor pertanian.

"Tidak ada orang hidup tanpa pertanian. Kita harus fokus ke petani. Menyadarkan rakyat harus bisa menghidupi dirinya sendiri. Nomor satu adalah pendampingan. Supaya masyarakat bisa menghidupi dirinya sendiri, keluarga, lingkungannya, baru menghidupi negaranya," ujar dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3607708/dana-desa-belum-efektif-genjot-sektor-pertanian-di-pedesaan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dana Desa Belum Efektif Genjot Sektor Pertanian di Pedesaan"

Post a Comment


Powered by Blogger.