:strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1938287/original/068379600_1519636474-1.jpg)
Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan bisnis tidak akan sempurna jika tidak ada masukan dari pelanggan. Hal ini tentu sangat wajar karena pelanggan merupakan kunci utama untuk menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis.
Tanpa pelanggan, perusahaan akan mengalami kebangkrutan karena tidak ada seorang pun yang membeli barang yang diproduksi perusahaan tersebut.
Agar bisnis yang dimiliki dapat berkembang secara pesat, seorang pebisnis perlu mengetahui sejauh mana bisnis tersebut mampu melayani para pelanggan. Dengan adanya penilaian pelanggan, perusahaan menjadi tahu tingkat kepuasan pelanggan selama ini.
Untuk mendapatkan penilaian dari pelanggan, lakukan cara-cara berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com:
1. Lakukan Survei di Tempat
Banyak pusat perbelajaan yang melakukan survei di tempat untuk mengetahui penilaian dari pelanggan. Caranya dengan memanfaatkan monitor kecil.
Seusai berbelanja, pelanggan wajib mengklik gambar ataupun emoticon yang tersedia di layar monitor. Gambar atau emoticon tersebutlah yang mewakili perasaan pelanggan selama berbelanja.
Perusahaan dapat mengumpulkan penilaian ini setiap hari untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan mengalami peningkatan atau penurunan. Apabila perusahaan mendapatkan penilaian yang kurang memuaskan, perusahaan dapat segera berbenah diri. (Baca Juga: SPT Masa Nihil Tidak Wajib Lapor, Bagaimana Bisa?)
http://bisnis.liputan6.com/read/3344696/agar-bisnis-sukses-cari-tahu-penilaian-dari-pelanggan-lewat-cara-iniBagikan Berita Ini
0 Response to "Agar Bisnis Sukses, Cari Tahu Penilaian dari Pelanggan Lewat Cara Ini"
Post a Comment