Search

Lakukan 8 Hal Ini untuk Selamatkan Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Fakta-fakta di lapangan mendukung klaim bahwa Bumi semakin hangat. Menurut laporan baru yang diterbitkan oleh jurnal ilmiah Nature, benua Antartika kehilangan lapisan es-nya dengan cepat. Sehingga menjelang akhir abad ini, permukaan laut bisa naik setinggi 16 cm.

Hal tersebut disebabkan oleh Bumi terus mengalami perubahan iklim karena dampak dari efek rumah kaca.

Efek rumah kaca disebabkan karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Naiknya konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh banyaknya pembakaran bahan bakar minyak, batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melebihi kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

Meningkatnya suhu permukaan Bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrem. Hutan dan ekosistem lainnya dapat terganggu, sehingga mengurangi kemampuan pepohonan untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer.

Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. Efek rumah kaca juga bisa meningkatkan suhu air laut dan mampu menenggelamkan pulau-pulau kecil.

Menurut perhitungan simulasi, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu rata-rata Bumi 1-5 derajat Celcius. Bila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang, maka bisa menyebabkan peningkatan pemanasan global antara 1,5-4,5 derajat Celcius sekitar tahun 2030.

Selain terjadi secara alami, para ilmuan menguak fakta bahwa efek rumah kaca juga terjadi akibat kegiatan manusia. Agar planet yang kita huni ini tidak semakin memburuk, ada baiknya kita sebagai manusia melakukan 8 hal di bawah ini, seperti dikutip dari Bright Side, Kamis (6/9/2018).

Saksikan video pilihan berikut ini:

Selain pemanasan global, Megawati dan Al Gore juga membahas kondisi politik di Indonesia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3638111/lakukan-8-hal-ini-untuk-selamatkan-bumi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lakukan 8 Hal Ini untuk Selamatkan Bumi"

Post a Comment


Powered by Blogger.