Search

Pemimpin Oposisi Kamboja Kem Sokha Bebas Bersyarat

Liputan6.com, Phnom Penh - Pemimpin oposisi Kamboja Kem Sokha secara tak terduga dibebaskan dari penjara. Selama ini ia mendekam dalam bui untuk menunggu persidangan atas tuduhan pengkhianatan terhadap negara.

Kem Sokha telah dibebaskan dengan jaminan dan tidak jelas apakah tuduhan terhadapnya akan dibatalkan, demikian seperti dilansir BBC, Senin (10/9/2018).

Dia ditangkap pada tahun 2017 dalam kasus yang secara luas dilihat bermotivasi politik, yang digagas oleh pemerintah berkuasa.

Partai yang dipimpinnya kemudian dibubarkan dan tanpa oposisi politik yang tersisa, partai berkuasa mutlak memenangkan pemilu pada awal tahun ini --sebuah kemenangan yang ditolak oposisi dan dikecam oleh negara asing.

Penindasan terhadap oposisi memicu kecaman dan ancaman internasional untuk menarik bantuan dari negara tersebut.

Kem Sokha dituduh berkolusi dengan AS untuk berkonspirasi menentang pemerintah Kamboja. Jika terbukti bersalah, ia akan menghadapi hukuman penjara maksimal hingga 30 tahun.

Organisasi hak asasi manusia, Human Rights Watch telah meminta Kamboja untuk membatalkan tuntutan terhadap Kem Sokha tanpa syarat dan membalikkan pembubaran partainya.

"Tidak ada keadilan yang disajikan di sini, yang ada hanya pelepasan sementara seorang pemimpin politik oposisi yang dapat kembali diseret ke ranah hukum oleh jaksa kapan saja sekehendak mereka," kata Deputi Direktur untuk Wilayah Asia Human Rights Watch Phil Robertson pada Senin 10 September 2018.

"Pembebasan itu masih jauh dari upaya pemulihan demokrasi yang bermakna dan penghormatan terhadap hak asasi manusia di Kamboja," lanjutnya.

Simak video pilihan berikut:

Hun Manet, anak pertama dari Perdana Menteri Hun Sen memberikan hak suaranya di Pemilu Kamboja. Sampai saat ini, Hun Sen dan partai yang dipimpinnya, Cambodian People’s Party (CPP) telah berkuasa selama 33 tahun di Kamboja.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3640730/pemimpin-oposisi-kamboja-kem-sokha-bebas-bersyarat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemimpin Oposisi Kamboja Kem Sokha Bebas Bersyarat"

Post a Comment


Powered by Blogger.