Search

Rupiah Lesu, Mantan Bos BEI Usul Yakinkan Pelaku Pasar soal Ekonomi RI

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) membuat mantan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio angkat bicara.

Bila melihat data kurs tengah Bank Indonesia (BI), kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) merosot 9,96 persen dari posisi 13.542 pada 2 Januari 2018 menjadi 14.891 pada 6 September 2018.

Mantan Dirut BEI, Tito Sulistio menuturkan, ekonomi Indonesia baik, dan politik relatif stabil. Namun, ia mempertanyakan kenapa menyalahkan ekonomi global terhadap nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Pasar bereaksi tidak hanya secara fundamental, bahkan kadang bergerak liar karena persepsi. Mari tanyakan kepada para pengambil keputusan fiskal dan moneter. Kapan terakhir kali mereka keliling menemui pelaku pasar, fund manager, pengelola dana di pasar, analis, S&P, MSCI, dan tokoh pelaju keuangan dunia. Menemui dalam arti kata datang ke kantornya secara humble tapi dengan charming meng-convince mereka tentang Indonesia,” tulis dia, seperti dikutip Kamis (6/9/2018).

Menurut Tito, Indonesia memerlukan seorang tokoh moneter yang secara meyakinkan dengan rendah hati dapat berbicara terbuka k pasar. Hal ini untuk meyakinkan rupiah tidak selemah yang dipikirkan.

"Indonesia perlu mempunyai seorang tokoh fiskal yang secara charming bisa meyakinkan pasar bahwa APBN kita akan mampu dengan ringan dan sehat melewati masa krisis 2-3 tahun ke depan,” tulis dia.

Ia menegaskan, kalau perlu perbaiki persepsi tentang Indonesia yang lebih baik. "Yakinkan mereka kalau rupiah is not as weak as you thought, convince pelaku pasar bahwa APBN will be able to pass the crisis. Bahwa Indonesia mampu memanage APBN 2-3 tahun ke depan,” kata dia.

Menurut Tito, Indonesia juga perlu satu teori ekonomi yang baru yaitu memaksimalkan competitive advantage. Akan tetapi, saat ditanyakan mengenai contoh competitive advantage tersebut, Tito belum dapat jelaskan lebih detil.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3637935/rupiah-lesu-mantan-bos-bei-usul-yakinkan-pelaku-pasar-soal-ekonomi-ri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Lesu, Mantan Bos BEI Usul Yakinkan Pelaku Pasar soal Ekonomi RI"

Post a Comment


Powered by Blogger.