Search

Jelang Pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump, Jet Tempur AS Mendarat di Korsel

Kedatangan F-22 Raptor dan latihan militer Max Thunder itu digelar beberapa pekan usai KTT Korea Selatan-Korea Utara dan jelang KTT Korea Utara-Amerika Serikat.

Sehingga, beberapa pihak khawatir, kedatangan F-22 dan gelaran latihan militer justru akan kembali memperkeruh situasi. Atau bahkan, menggagalkan rencana pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump -- meski tanggalnya belum ditetapkan.

Namun, pihak Kementerian Pertahanan Korea Selatan menepis kekhawatiran tersebut.

"Max Thunder merupakan latihan rutin yang telah dijadwalkan dari jauh hari, sebelum KTT Korea Utara-Amerika Serikat direncanakan," kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan juga mendesak media dan jurnalis untuk tidak melaporkan berita yang 'spekulatif' seputar pengerahan F-22 AS di Korsel, di samping fakta bahwa kedatangan pesawat itu murni hanya untuk latihan.

Permintaan itu muncul setelah surat kabar konservatif Korea Selatan Chosun Ilbo mengklaim bahwa penempatan pesawat itu tampak bertujuan untuk memberikan tekanan pada Pyongyang menjelang KTT yang direncanakan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump.

Chosun Ilbo juga menginterpretasikan bahwa kedatangan jet F-22 itu bisa ditujukan untuk memperkuat keamanan jika pertemuan puncak Korea Utara-AS berlangsung di Panmunjom, Zona Demiliterisasi dua Korea.

Di sisi lain, Korea Utara belum memberikan komentar terkait kedatangan F-22 dan latihan militer Max Thunder.

Sementara itu, usai KTT Korea Utara-Korea Selatan pada 27 April 2018, kedua negara telah sepakat untuk menurunkan tensi, aktivitas, dan konfrontasi militer di Semenanjung Korea. 

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3496840/jelang-pertemuan-kim-jong-un-dan-donald-trump-jet-tempur-as-mendarat-di-korsel

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jelang Pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump, Jet Tempur AS Mendarat di Korsel"

Post a Comment


Powered by Blogger.