Search

Serangan Kelompok Militan di Nigeria Tewaskan 30 Orang Tentara

Liputan6.com, Abuja - Serbuan kelompok militan Islam dilaporkan menewaskan hingga 30 tentara di pangkalan militer di kawasan timur laut Nigeria, di mana hal tersebut merupakan salah satu serangan terbesar tahun ini.

Sumber-sumber keamanan mengatakan pada Sabtu 1 September, bahwa serangan pada hari Kamis itu dilakukan oleh sekelompok orang yang dicurigai berasal dari cabang ISIS di Afrika Barat, tepatnya di sebuah pangkalan di desa Zari di negara bagian Borno.

"Pertempuran berlangsung sekitar dua jam dan rekan-rekan kami melawan mereka, tetapi keadaan menjadi buruk sebelum jet tempur tiba. Kami kehilangan sekitar 30 tentara kami dan sekitar 10 orang terluka," kata seorang sumber militer yang tidak ingin disebut namanya, sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Minggu (2/9/2018).

Sumber lain, yang juga tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan 20 hingga 30 tentara telah tewas dalam serangan mendadak tersebut.

Rincian terkini tentang serangan dan korban tewas serta luka, baru muncul beberapa hari kemudian, dikarenakan terjadi di wilayah terpencil dekat perbatasan Nigeria dengan Niger.

Serangan itu, di pusat pemerintahan lokal Borno, Guzamala, merupakan pukulan terakhir bagi upaya Nigeria untuk mengalahkan pemberontakan oleh Boko Haram dan ISWA.

Awal pekan ini, pejabat pemerintah Nigeria memerintahkan ribuan pengungsi untuk kembali ke Guzamala, daerah yang dianggap oleh lembaga bantuan tidak aman, karena tekanan meningkat untuk menunjukkan kemajuan dalam perang melawan gerilyawan menjelang pemilihan presiden.

Presiden Muhammadu Buhari --yang juga merupakan mantan jenderal-- memenangkan pemilihan presiden Nigeria pada 2015, setelah bersumpah untuk menghancurkan militan Islam. Dia akan dilantik untuk masa jabatan kedua pada Februari mendatang.

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

Simak video pilihan berikut: 

Penculikan massal terjadi di kota terpencil Dapchi, Nigeria.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3634370/serangan-kelompok-militan-di-nigeria-tewaskan-30-orang-tentara

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serangan Kelompok Militan di Nigeria Tewaskan 30 Orang Tentara"

Post a Comment


Powered by Blogger.