Search

Maroko Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran

Aljazair, yang merupakan tetangga Maroko telah menjadi tuan rumah bagi pengungsi yang terdampak konflik dan anggota Polisario. Namun, mereka membantah telah memberikan bantuan militer kepada kelompok tersebut.

Lebih lanjut, Menlu Bourita menerangkan bahwa ia baru saja kembali dari Iran setelah memberitahukan keputusan Maroko untuk memutuskan hubungan. Duta Besar Maroko pun telah kembali ke rumah dan pejabat terkait Iran akan segera diminta angkat kaki.

Wilayah Sahara Barat selama ini terbagi antara daerah yang dikendalikan Maroko dan kawasan yang dikontrol Polisario, di antara keduanya terdapat zona penyangga yang diamanatkan PBB.

Sebelumnya, Maroko juga pernah memutus hubungan diplomatik dengan Iran, tepatnya pada 2009. Rabat menuding Teheran mendukung upaya untuk mengubah rakyat Maroko, yang kebanyakan Sunni menjadi Syiah. Selain itu Maroko juga berang karena Iran mempertanyakan kedaulatan sekutunya di Teluk, Bahrain.

Hubungan Teheran-Rabat dipulihkan pada 2014. Namun, hubungan tersebut tidak pernah kokoh. Faktanya, Maroko menikmati hubungan yang lebih dekat dengan saingan regional Iran, Arab Saudi.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3497343/maroko-putuskan-hubungan-diplomatik-dengan-iran

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Maroko Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran"

Post a Comment


Powered by Blogger.