Search

Kemenhub Bangun Terminal Bus Tipe A

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai pembangunan Terminal Tipe A di Demak, Jawa Tengah.

Ini ditandai dengan telah dilakukannya peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek tersebut oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi.

Budi menuturkan, ini merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan transportasi jalan yang diwujudkan dengan pembangunan dan perbaikan infrastruktu.

"Terminal Penumpang Tipe A Demak sebagai salah satu terminal angkutan jalan di Indonesia yang merupakan simpul transportasi di Jawa Tengah, keberadaannya sangat didambakan oleh masyarakat di Provinsi Jawa Tengah khususnya kota Demak dalam mobilitas sehari-hari," kata Budi dalam keterangan tertulis, Jumat (20/7/2018).

Lokasi pembangunan Terminal Bus Demak berada di Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, dengan luas lahan 50.392 m2. Pada tahun anggaran 2018 ini akan dilaksanakan tahap persiapan dan pekerjaan konstruksi lahan senilai Rp 3,5 miliar.

Pembangunan Terminal Tipe A Demak dilaksanakan secara multiyears selama tiga tahun, dengan total anggaran sekitar Rp 47 miliar. Kementerian Perhubungan akan mengupayakan percepatan pembangunan Terminal Tipe A Demak. 

"Kami upayakan supaya bisa lebih cepat, tidak perlu menunggu sampai 3 tahun, kalau di tahun ke 2 pembangunan sudah bisa selesai, tentu hal ini sangat baik,” tambah Budi.

Selanjutnya, menurut Budi, akan diupayakan terus untuk menjaga keberlanjutan pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Demak ini baik dengan skema APBN Murni atau peluang Kerjasama Pemanfaatan (KSP) dengan pihak ketiga baik pihak Swasta, BUMN, dan BUMD. 

Peluang kerja sama  yang dimaksud dapat berupa optimalisasi fasilitas yang ada didalam terminal untuk kegiatan-kegiatan yang menunjang peningkatan pemasukan negara. Dia menuturkan, hal tersebut juga dapat mendorong pergerakan roda perekonomian masyarakat di sekitar terminal.

"Saya berharap dengan pembangunan terminal ini nantinya dapat meningkatkan kembali eksistensi moda jalan (Bus AKAP dan AKDP, Angkot) menjadi moda pilihan masyarakat yang sejajar dengan moda transportasi lainnya," kata dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3595079/kemenhub-bangun-terminal-bus-tipe-a

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenhub Bangun Terminal Bus Tipe A"

Post a Comment


Powered by Blogger.