Search

Disentil Kemnaker soal TKA, Ini Jawaban Yusril Ihza Mahendra

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri mengomentari pernyataan Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra soal serbuan tenaga kerja asing ke Indonesia. Pernyataan itu disampaikan Yusril dalam akun twitternya.

"Pemerintah selalu saja berdalih ada jutaan TKI kerja di LN, negara lain tdk protes, kok kita protes membanjirnya TKA ke sini. Mereka tdk protes karena mereka butuh TKI kita. Kita protes karena kita tidak butuh TKA. Disini msh banyak yg miskin dan nganggur, untuk apa TKA?" demikian tweet Yusril Ihza Mahendra dalam @Yusrilihza_Mhd yang dikutip Liputan6.com, Jakarta, Minggu (29/4/2018).

Tweet tersebut mendapat tanggapan dari Kemnaker Hanif. Dalam akun twitternya, Hanif mempertanyakan apakah kondisi tersebut tidak ada saat Yusril menjabat sebagai Menteri Kehakiman dan HAM.

"Maaf bang, apa saat abang menteri gak ada TKA di Indonesia? Kalau ada, apa abang protes?" tanya Hanif dalam @hanifdhakiri.

Atas sentilan itu, Yusril mengakui hal itu memang ada. Hanya saja itu dibatasi pada level manajemen dan tenaga kerja dengan kemampuan yang belum dimiliki masyarakat Indonesia.

"Kami tidak jor2an izinkan buruh kasar masuk ke sini, terutama dari Tiongkok seperti ketika anda jadi menteri," tulis Yusril.

Selain itu, saat ia menjadi Menteri Kehakiman dan HAM juga tidak mau jor-joran memberikan bebas visa. Kalau tidak selektif, bebas visa bisa disalahgunakan orang asing untuk bekerja di sini.

"Negara kita sangat luas, kita belum mampu membangun sistem pengawasan orang asing yg efektif," tegas Yusril.

Di samping itu, saat eranya hanya sekitar 20 negara yang diberi bebas visa. Sekarang ada sekitar 165 negara termasuk RRC dan beberapa negara Afrika yang warganya bebas visa masuk Indonesia.

"Kami sangat hati2 menjaga kepentingan nasional," sambung Yusril Ihza Mahendra

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/news/read/3493848/disentil-kemnaker-soal-tka-ini-jawaban-yusril-ihza-mahendra

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Disentil Kemnaker soal TKA, Ini Jawaban Yusril Ihza Mahendra"

Post a Comment


Powered by Blogger.