Search

Cara Sederhana Bikin Minyak Kelapa Murni yang Tidak Tengik ala Dosen UGM

Liputan6.com, Yogyakarta -Minyak kelapa murni atau ekstra virgin coconut oil (VCO) menjadi tren dan berkembang dalam satu dasawarsa terakhir. Minyak sarat manfaat ini memang digemari karena beragam fungsinya, mulai dari kesehatan sampai kecantikan.

Sayangnya, kebanyakan minyak kelapa murni yang beredar memiliki kekurangan, yakni aromanya yang tengik. Seorang dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama Ani Setyopratiwi berhasil mengubah pandangan soal minyak kelapa murni itu.

Ia memperkenalkan metode baru dalam pengolahan minyak kelapa murni. Namanya metode spontan. Lewat cara ini minyak kelapa yang dihasilkan kaya protein, encer, jernih, dan baunya harum.

"Metode yang saya lakukan adalah metode spontan, artinya kelapa harus tua dan kering di pohon supaya bisa pecah dengan sendirinya, supaya bisa mengasamkan dirinya sendiri," ucap Ani, di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Ani, orang kerap mengabaikan keberadaan kelapa yang tua di pohon. Alasannya, karena santan dari kelapa tua gampang pecah. Namun, justru hal inilah yang dibutuhkan untuk membuat ekstra kelapa murni dengan metode spontan.

Ia bercerita pembuatan minyak kelapa murni metode spontan dimulai dengan memarut kelapa tua dan memeras menjadi santan.

Santan terbagi menjadi dua, santan kanil atau kepala santan dan krim yang berada di bagian bawah.

Krim dibiarkan sampai pecah sendiri lalu muncul tiga lapisan, berupa air, minyak, dan protein kelapa.

"Struktur lapisan bisa berubah-ubah, tetapi yang jelas lapisan air selalu di bawah. Air ini yang dibuang, sehingga tersisa minyak dan protein kelapa," ujarnya.

Satu butir kelapa jawa bisa menjadi ekstra VCO maksimal 125 mililiter, sedangkan kelapa Sulawesi bisa menghasilkan 200 mililiter.

Keunggulan lain dari minyak kelapa murni yang dibuat dengan metode spontan adalah berumur panjang atau awet sampai tiga tahun tanpa mengalami ketengikan. Sekalipun kondisi tutup terbuka dan berinteraksi dengan udara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/regional/read/3493824/cara-sederhana-bikin-minyak-kelapa-murni-yang-tidak-tengik-ala-dosen-ugm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Sederhana Bikin Minyak Kelapa Murni yang Tidak Tengik ala Dosen UGM"

Post a Comment


Powered by Blogger.